Sabtu, 04 April 2015

Fungsi Tulang Rangka Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, tulang rangka dibagi menjadi tiga bentuk utama, yaitu tulang pipa, tulang pendek, dan tulang pipih. Setiap tulang tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut penjelasan tentang tiap-tiap bentuk tulang.

1) Tulang pipa
Perhatikan lengan dan kakimu, kemudian peganglah. Apakah kamu merasakan ada tulang yang cukup panjang di lengan dan kakimu? Itulah tulang pipa. Tulang pipa adalah tulang yang memiliki bentuk seperti pipa. Mengapa disebut tulang pipa? Karena tulang ini memiliki bentuk utama seperti tabung dan berongga. Rongga pada tulang pipa berisi sumsum kuning. Sumsum kuning ini banyak mengandung lemak. Sumsum kuning dapat berfungsi sebagai cadangan makanan. Pada ujung-ujung tulang pipa yang mengembung, di dalamnya terdapat
rongga-rongga kecil yang berisi sumsum merah. Sumsum merah ini berfungsi sebagai pembentuk sel-sel darah.

2) Tulang pendek
Mengapa disebut tulang pendek? Tulang ini memiliki ukuran tulang yang pendek. Di dalamnya hanya terdapat rongga-rongga kecil berisi sumsum merah. Tulang-tulang yang termasuk tulang pendek antara lain tulang belakang, tulang pergelangan tangan, dan tulang pergelangan kaki.

3) Tulang pipih
Tulang ini berbentuk pipih. Sama halnya dengan tulang pendek, tulang pipih berfungsi sebagai tempat pembentukan sel-sel darah. Hal ini disebab kan dalam tulang pipih terdapat ronggarongga kecil yang berisi sumsum merah. Tulang yang termasuk ke dalam tulang pipih, antara lain tulang rusuk, tulang dada, dan tulang tengkorak kepala. Dapatkah kamu menyebutkan tulang lain yang termasuk ke dalam tulang pipih?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar